8 ATURAN EMAS DESIGN INTERFACE
Nama :
Diyah Khoirunnisa
NIM : 011501-503125-057
8 ATURAN EMAS DESIGN INTERFACE
Prinsip
ini dikemukakan oleh Shneiderman. Berikut ini kumpulan prinsip-prinsip
untuk mendesain antarmuka berdasarkan “Eight Golden Rules of Interface Design”
oleh Shneiderman. Saya akan mendeskripsikan website Lazada yang dapat di akses
di http://www.lazada.co.id/
berdasarkan 8 aturan tersebut :
1. KONSISTENSI
Konsistensi
dilakukan pada urutan tindakan, perintah, dan istilah yang digunakan pada
prompt, menu, serta layar bantuan.
Dilihat
dari aturan nya secara konsistensi, maka Lazada memiliki aturan tersebut.
Karena pada setiap barang yang telah dipilih oleh user maka terdapat tombol
“BELI SEKARANG” apabila user ingin langsung membelinya. Ada juga tombol
“tambahkan ke wishlist” apabila user ingin menyimpan dulu barang yang telah
dipilih, supaya dikemudian hari tidaklah susah untuk mencari produk yang telah
dipilih.
2. SHORTCUT
Memungkinkan pengguna untuk menggunakan shortcut. Ada
kebutuhan dari pengguna yang sudah ahli untuk meningkatkan kecepatan interaksi,
sehingga diperlukan singkatan, tombol fungsi, perintah tersembunyi, dan
fasilitas makro.
Dalam
Website Lazada, belum terdapat shortcut yang dapat digunakan untuk kecepatan
dalam berinteraksi.
3. FEEDBACK
Memberikan
umpan balik yang informatif. Untuk setiap yang dilakukan user, harus
selalu ada semacam feedback, baik ataupun buruk. Berikan informasi terhadap
aksi yang dilakukan oleh user.
Dalam
perancangan Website Lazada sudah terdapat aturan feedback, karena pada saat
user telah selesai memesan suatu barang pada website lazada maka akan ada
feedback sebuah notifikasi yang dikirimkan melalui email ataupun sms.
4. DIALOG CLOSURE
Merancang dialog untuk menghasilkan suatu
penutupan ahkir dari suatu proses. desain langkah - langkah yang harus
dilakukan agar user dapat menyelesaikan suatu aksi.
Dalam perancangan Website Lazada sudah
terdapat aturan Dialog Closure, apabila user telah melakukan pembelian maka
website Lazada akan memunculkan tulisan ;
|
5.
SIMPLE ERROR HANDLING
Memberikan penanganan kesalahan yang
sederhana. Desainlah sistem/website kita sedemikian rupa sehingga sehingga user
dapat terhindar dari kesalahan sistem/error atau tidak melakukan error
yang serius. Sistem harus dapat mendeteksi error itu sebelum terjadi. Dan
jikalau kesalahan itu masih terjadi, sistem harus dapat
memberikan mekanisme yang sedehana dan mudah dipahami untuk penanganan
kesalahan tersebut.
Apabila terjadi error dalam website
Lazada, maka user tidak dapat melakukan pembelian. Biasanya terjadi karena
sistem sedang sibuk, maka pembelian dapat dilakuakan kembali dengan menunggu
beberapa saat.
6.
REVERSIBLE ACTIONS
Mudah kembali ke tindakan sebelumnya, Hal
ini dapat mengurangi kekuatiran user karena pengguna mengetahui kesalahan yang
dilakukan dapat dibatalkan. Sehingga user tidak takut untuk mengekplorasi.
Dalam website Lazada terdapat tombol
"back". Apabila kita salah menekan barang yang akan dibeli, maka kita tinggal
menekan tombol "back" agar kembali ke halaman awal dan kita bisa
memilih barang yang lain.
7.
PUT USER IN CONTROL
Jadikan
user sebagai pemegang kendali, rancanglah suatu interface sedemikan rupa
sehingga user menjadi inisiator daripada responden. User dapat dengan bebas
bernavigasi dan mengubah informasi akun yang dimilikinya sesuai dengan yang
dikehendaki.
Dalam
pembelian barang pada suatu e-commerce. Di lazada seorang user harus memiliki
account terlebih dahulu dan mengisi data diri. Data tersebutu digunakan dalam
pemesanan barang secara online.
8. REDUCE SHORT-TERM MEMORY
LOAD
Buatlah interface sesederhana mungkin.
Maksudnya disini bukan merancang interface sistem/web dengan design yang biasa
(sederhana). Tetapi merancang interface yang mudah dipahami oleh user.
Dengan inteface yang simple dan menarik dapat membantu user Mengurangi Beban
Ingatan Jangka Pendek, sehingga tidak perlu mengingat terlalu banyak perintah,
dan juga dapat menghindari terjadinya kebingungan pada para user.
Dalam website Lazada, barang-barang yang
telah dilihat oleh user akan di tampilkan di bawah halaman website tersebut.
Jadi apabila user ingin melihat barang yang sebelumnya telah dilihat tidak
perlu mencari-cari. Karena Lazada telah menyimpan nya.
Komentar
Posting Komentar