8 ATURAN EMAS DESIGN INTERFACE



Nama          : Diyah Khoirunnisa
NIM           : 011501-503125-057

8 ATURAN EMAS DESIGN INTERFACE
Prinsip ini dikemukakan oleh Shneiderman. Berikut ini  kumpulan prinsip-prinsip untuk mendesain antarmuka berdasarkan “Eight Golden Rules of Interface Design” oleh Shneiderman. Saya akan mendeskripsikan website Lazada yang dapat di akses di http://www.lazada.co.id/ berdasarkan 8 aturan tersebut :

1.      KONSISTENSI
Konsistensi dilakukan pada urutan tindakan, perintah, dan istilah yang digunakan pada prompt, menu, serta layar bantuan.
Dilihat dari aturan nya secara konsistensi, maka Lazada memiliki aturan tersebut. Karena pada setiap barang yang telah dipilih oleh user maka terdapat tombol “BELI SEKARANG” apabila user ingin langsung membelinya. Ada juga tombol “tambahkan ke wishlist” apabila user ingin menyimpan dulu barang yang telah dipilih, supaya dikemudian hari tidaklah susah untuk mencari produk yang telah dipilih.

2.      SHORTCUT
Memungkinkan pengguna untuk menggunakan shortcut. Ada kebutuhan dari pengguna yang sudah ahli untuk meningkatkan kecepatan interaksi, sehingga diperlukan singkatan, tombol fungsi, perintah tersembunyi, dan fasilitas makro.
Dalam Website Lazada, belum terdapat shortcut yang dapat digunakan untuk kecepatan dalam berinteraksi.


3.      FEEDBACK
Memberikan umpan balik yang informatif. Untuk setiap  yang dilakukan user, harus selalu ada semacam feedback, baik ataupun buruk. Berikan informasi terhadap aksi yang dilakukan oleh user.
Dalam perancangan Website Lazada sudah terdapat aturan feedback, karena pada saat user telah selesai memesan suatu barang pada website lazada maka akan ada feedback sebuah notifikasi yang dikirimkan melalui email ataupun sms.

4.      DIALOG CLOSURE
Merancang dialog untuk menghasilkan suatu penutupan ahkir dari suatu proses. desain langkah - langkah yang harus dilakukan agar user dapat menyelesaikan suatu aksi.
Dalam perancangan Website Lazada sudah terdapat aturan Dialog Closure, apabila user telah melakukan pembelian maka website Lazada akan memunculkan tulisan ;
Dear diyah khoirunnisa,
Pesanan Anda dengan nomor Order # 385277519 sudah berhasil dilakukan pada tanggal Friday March 11, 2016 dengan metode pembayaran Cash on Delivery. Anda akan mendapat email konfirmasi apabila produk pesanan telah dikirim.

5.      SIMPLE ERROR HANDLING
Memberikan penanganan kesalahan yang sederhana. Desainlah sistem/website kita sedemikian rupa sehingga sehingga user dapat terhindar dari kesalahan sistem/error atau tidak  melakukan error yang serius. Sistem harus dapat mendeteksi error itu sebelum terjadi. Dan jikalau  kesalahan itu masih  terjadi, sistem  harus dapat memberikan mekanisme yang sedehana dan mudah dipahami untuk penanganan kesalahan tersebut.
Apabila terjadi error dalam website Lazada, maka user tidak dapat melakukan pembelian. Biasanya terjadi karena sistem sedang sibuk, maka pembelian dapat dilakuakan kembali dengan menunggu beberapa saat.

6.      REVERSIBLE ACTIONS
Mudah kembali ke tindakan sebelumnya, Hal ini dapat mengurangi kekuatiran user karena pengguna mengetahui kesalahan yang dilakukan dapat dibatalkan. Sehingga user tidak takut untuk mengekplorasi.
Dalam website Lazada terdapat tombol "back". Apabila kita salah menekan  barang yang akan dibeli, maka kita tinggal menekan tombol "back" agar kembali ke halaman awal dan kita bisa memilih barang yang lain.

7.      PUT USER IN CONTROL 
Jadikan user sebagai pemegang kendali, rancanglah suatu interface sedemikan rupa sehingga user menjadi inisiator daripada responden. User dapat dengan bebas bernavigasi dan mengubah informasi akun yang dimilikinya sesuai dengan yang dikehendaki.
Dalam pembelian barang pada suatu e-commerce. Di lazada seorang user harus memiliki account terlebih dahulu dan mengisi data diri. Data tersebutu digunakan dalam pemesanan barang secara online.

8.      REDUCE SHORT-TERM MEMORY LOAD 
Buatlah interface sesederhana mungkin. Maksudnya disini bukan merancang interface sistem/web dengan design yang biasa (sederhana).  Tetapi merancang interface yang mudah dipahami oleh user. Dengan inteface yang simple dan menarik dapat membantu user Mengurangi Beban Ingatan Jangka Pendek, sehingga tidak perlu mengingat terlalu banyak perintah, dan juga dapat menghindari terjadinya kebingungan pada para user. 
Dalam website Lazada, barang-barang yang telah dilihat oleh user akan di tampilkan di bawah halaman website tersebut. Jadi apabila user ingin melihat barang yang sebelumnya telah dilihat tidak perlu mencari-cari. Karena Lazada telah menyimpan nya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

CONTOH SOAL PEMROGRAMAN JAVA